Eksistensi City Branding ‘Pesona Delta’ dalam Membangun Image Kabupaten Sidoarjo

Rachma Ayu Fadhilah, Akhmad Muwafik Saleh, Nilam Wardasari

Abstract


Penelitian ini mengkaji bagaimana eksistensi city brand ‘Pesona Delta’ dalam membangun image Kabupaten Sidoarjo. Hal itu dikaji melalui upaya-upaya Disporapar Kabupaten Sidoarjo dalam menjaga eksistensi city brand dan persepsi masyarakat terhadap hasil aktivitas city brand tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan konstruktivis menggunakan teknik pengumpulan data survei, wawancara, observasi dan dokumentasi untuk mendeskripsikan data temuan secara rinci. Hasil studi menunjukkan bahwa city branding ‘Pesona Delta’ masih aktif dan eksis sebagai identitas Kabupaten Sidoarjo. Kemudian, dalam pelaksanaannya juga berjalan sesuai dengan strategi yang direncanakan dengan terus berupaya untuk mengontrol persepsi (manajemen impresi) masyarakat terhadap citra Kabupaten Sidoarjo. Adapun manajemen impresi yang dilakukan cenderung menggunakan teknik self-promotion dengan melakukan publikasi pada media sosial dan media yang dicetak, dan exemplification dengan mengimplementasi city brand melalui penyediaan sarana, produk city brand, dan event daerah. Eksistensi juga dibuktikan dengan persepsi masyarakat yang sebagian besar sudah mengenali city brand ‘Pesona Delta’ sebagai identitas dari Kabupaten Sidoarjo. Selain itu, masyarakat juga merasa bahwa keberadaan city brand ini dapat merubah citra seseorang terhadap Kabupaten Sidoarjo menjadi lebih baik.


Keywords


Eksistensi, city branding, citra, manajemen impresi, persepsi masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2007). Analisis Eksistensial Sebuah Pendekatan Alternatif Untuk Psikologi Dan Psikiatri (Vol. 1). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Chan, A., Suryadipura, D., & Kostini, N. (2021). City Image: City Branding And City Identity Strategies. Review Of Integrative Business And Economics Research, 10 (1), 330-341.

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2018). The Sage Handbook Of Qualitative Research. Los Angeles, CA: Sage

Ekklesia H. P. (2016). Evaluasi Branding Jogja Never Ending Asia Sebagai Strategi

Memasarkan Daerah Di Era Otonomi. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Mahakam, 5 (1)

Goffman, Erving. (1959). The Presentation Of Self Ini Everyday Life. United States: Anchor Books.

Jones. E.E & Pittman, T. S. (1982) Psychological Perspectives On The Self. London: Laurence Erlbaum Association.

Miles, Huberman, & Saldana. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. USA: SAGE Publications.

Moleong, L. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Nawangsari, E. R., & Sukmawati, H. (2019). Evaluation Of Public City Branding Policies "Sparkling Surabaya". Journal Of Social And Political Sciences , 2, 876-891.

Nirmala, S. I. (2018). Pengembangan Potensi Pariwisata Daerah Melalui City Branding (Studi Pada Pemerintah Kabupaten Sidoarjo). Jurnal Ilmiah Administrasi Publik.

Poerwadarminta, W.J.S (2006). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Saleh, M. A. (2021). Komunikasi Pelayanan Publik: Strategi Komunikasi Dalam Pelaksanaan Pelayanan Prima Pada Institusi Pemerintahan (1 Ed.). Malang: Intrans Publishing.

Sardanto, R., Meilina, R., & Muslih, B. Membangun Persepsi Publik Melalui City Branding. Kediri: Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara Pgri Kediri.

Sukmadewi, R., & Novel, N. J. (2019). Analisis Relevansi City Branding Kota Bandung Melalui Pendekatan Nilai Indeks Kebahagiaan. Responsive , 2 (3), 83-93.

Yananda, M. R., & Salamah , U. (2014). Branding Tempat: Membangun Kota, Kabupaten, Dan Provinsi Berbasis Identitas. Jakarta: Makna Informasi.




DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.tuturlogi.2022.003.03.5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Rachma Ayu Fadhilah, Akhmad Muwafik Saleh, Nilam Wardasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.