Studi Komunikasi Pelayanan Publik Pemerintah Kota Mataram Melalui Implementasi Aplikasi LAPOR!

Hilda Aulia Rahmi, Aurelius RL Teluma, Agus Purbathin Hadi

Abstract


 

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) merupakan layanan pengaduan berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang diberikan pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi komunikasi pelayanan publik Pemerintah Kota Mataram melalui penggunaan aplikasi LAPOR!. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik analisis data deskriptif. Data diperoleh dari hasil studi dokumentasi dan wawancara mendalam pada pejabat pemerintah kota Mataram yang berwenang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi aplikasi LAPOR! di Kota Mataram telah sejalan dengan prinsip E-Government, yakni meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam hal kinerja efektivitas dan efisiensi yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat. Pelayanan publik Pemerintah Kota Mataram melalui penggunaan aplikasi LAPOR! dapat mempermudah masyarakat dalam memberikan aspirasi dan pengaduan kepada pemerintah. Pemerintah dan masyarakat dapat bertukar posisi menjadi komunikator dan komunikan selama masih ada feedback dan dapat mencapai kesepakatan bersama seperti kepuasan masyarakat terhadap tindaklanjut dari pemerintah.  

 

Kata Kunci : Aplikasi LAPOR!, E-Governmen, komunikasi pelayanan publik.


Full Text:

PDF

References


Patilima, H. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. ALFABET. Bandung.

Hardiyansyah. (2015). Komunikasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Indrajit, R.E., et al. dkk. 2006. Electronic Government. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenadamedia Group

McQuail, D., & Windahl, S. (2015). Communication Models for the Study of Mass Communications. New York and Oxon: Routledge

Mursalim, S.W. (2018). Analisis Manajemen Pengaduan Sistem Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakya (LAPOR) di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Administrasi (JIK), Volume XV, Nomor 1, Juni 2018, hlm. 1 – 17.

Nurfaisal, M.D., & Sakir. (2018). Akuntabilitas Pelayanan Publik Berbasis E-Government (Penggunaan Aplikasi Lapor Sleman sebagai Layanan Aduan Masyarakat). Prosiding. Konferensi Nasional ke-8 APPPTMA, Medan, 30 November- 03 Desember 2018.

Ratminto & Winarsih, A.S. (2007). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Vardiansyah, D. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Wiryanto. (2000). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: PT.Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.tuturlogi.2020.001.02.4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.