Institution Image Bidang Penaatan Peraturan Lingkungan DLHK Kabupaten Karawang

Saras Desca Lestari, Fajar Hariyanto, Yanti Tayo

Abstract


Communication is a very decisive aspect for the delivery of public services, so service providers must know how to communicate well so that they can influence others in the service. This research uses a descriptive method with a qualitative approach. Interviews were conducted with informants determined by purposive sampling, the informants were employees who handled services at DLHK Karawang, and the society who received services. And use one of three important aspects/dimensions in public service communication, namely Institution/Corporate Image. The results showed that, communication of public services provided by the PPL DLHK Karawang had given a pretty good impression. Communities and companies have received complete information and good service, because important aspects/dimensions in service communication already exist in the DLHKKarawang. However there are still some shortcomings, DLHKKarawang does not have brochures, leaflets or films about services. Yet in the implementation of public service communication must pay attention to all things that can support the achievement of the goal of providing excellent service.
Keywords: Communication, Public Services, institution image, Communication Public Services.


Komunikasi merupakan aspek yang sangat menentukan bagi pelakasanan pelayanan publik maka petugas pemberi layanan harus mengetahui bagaimana berkomunikasi yang baik sehingga mampu mempengaruhi orang lain dalam pelayanan. Penelitian ini mengguanakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Wawancara dilakukan terhadap informan yang ditentukan secara purposive sampling, informan tersebut yaitu pegawai yang menangani pelayanan di DLHK Kabupaten Karawang, dan masyarakat yang menerima layanan.Serta menggunakan satu dari tiga aspek/dimensi penting dalam komunikasi pelayanan publik yaitu Institution/Corporate Image.Hasil penelitian menunjukan bahwa, komunikasi pelayanan publik yang diberikan oleh bidang PPL DLHK Kabupaten Karawang sudah memberika kesan yang cukup baik.Masyarakat maupun perusahaan sudah mendapatkan informasi yang lengkap dan pelayanan yang baik, karena aspek/dimensi penting dalam komunikasi pelayanan sudah ada pada DLHK Kabupaten Karawang.Namun masih terdapat beberapa kekurangan yaitu,DLHK Kabupaten Karawangtidak memiliki brosur, leaflet maupun film tentang pelayanan. Padahal dalam pelaksanaan komunikasi pelayanan publik haruslah memerhatikan semua hal yang dapat mendukung tercapainya tujuan pemberian pelayanan yang prima.
Kata Kunci: Komunikasi, Pelayanan Publik, institution image, Komunikasi Pelayanan Publik.


Full Text:

PDF

References


Aritonang, D. M. (2017). The Impact of E-Government System on Public Service Quality in Indonesia. European Scientific Journal, ESJ, 13, 35-99.

Bupati Kabupaten Karawang. (2016). Peraturan Bupati Karawang No. 51 Tahun 2016. Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Karawang. Bupati KabupatenKarawang.

.(2016). Peraturan Bupati Karawang No. 98 Tahun 2016. Pembentukan, Rincian Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Dinas Laboratorium Lingkungan Hidup Pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Karawang.

.(2016). Rencana Strategi Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Karawang Tahun 2016 – 2021.

.(2017). Peraturan Bupati Karawang No. 14 Tahun 2017. Perubahan Atas Peraturan Bupati Karawang Nomor 51 Tahun 2016 Tentang Kependudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Karawang. Bupati KabupatenKarawang.

.(2018). Profil Dinas Lingkungan Hidup Karawang Tahun 2018.

DeFleur, M. Dennis, E. (1988). Understanding Mass Communication. Houghton Mifflin.

Fiske, J. (2010). Introduction to communication studies. London: Routledge.

Gronroos, C. (1990). Service Management and Marketing: Managing the Moment of Truth in Service Competition. Massachusetts : Lexington.

Hardiyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gava Media.

Hermana, B., & Silfianti, W. (2011). Evaluating e-government implementation by local government: digital divide in internet based public services in Indonesia. International Journal of Business and Social Science, 2(3).

Lanin, D., & Hermanto, N. (2019). The effect of service quality toward public satisfaction and public trust on local government in Indonesia. International Journal of Social Economics.

Lewis, B. D. (2017). Does local government proliferation improve public service delivery? Evidence from Indonesia. Journal of Urban Affairs, 39(8), 1047-1065.

Menteri Negara Lingkungan Hidup.(2008). Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 20 Tahun 2008. Tentang Petunjuk Teknis Standar Pelayanan Minimal Bidang Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Dan Daerah Kabupaten/Kota..

Menteri PANRB. (2014). Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Standar Pelayanan.

Onong, U. E. (1986). Dinamika komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

. 2002. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pemerintah Indonesia. (2009). Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009. Tentang Pelayanan Publik.

Prahono, A. (2015). Evaluating the role e-government on public administration reform: Case of official city government websites in Indonesia. Procedia Computer Science, 59, 27-33.

Purwaning, H. (2014). Komunikasi Pelayanan Publik Pada Program Pelayanan PATEN di Kecamatan Karawang Timur. (Skripsi, Universitas Singaperbangsa Karawang. Karawang).

Saleh, A. M. (2010). Public Service Communication. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Sinambela, P. (2006). Reformasi Pelayanan Publik, Teori, Kebijakan, dan Implementasinya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran (Edisi 3). Jakarta: Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.tuturlogi.2020.001.03.5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Saras Desca Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.