SEBUAH KISAH TENTANG MAY : REPRESENTASI TRAUMA COPING DALAM FILM 27 STEPS OF MAY

Aulia Putri Nur Aini, Dwidya Syawalya, Dimas Putra

Abstract


Abstrak

Film memiliki banyak genre, dan setiap penikmat film tentu memiliki ketertarikan genre yang berbeda – beda. Didalam sebuah film juga menampilkan berbagai representasi peristiwa, gender, atau kelompok. Seperti film 27 Steps Of May yang merepresentasikan trauma yang dialami seseorang. Trauma merupakan hal yang sangat berbahaya bagi kehidupan manusia. Trauma sendiri dapat timbul apabila seseorang mengalami kekerasan, pelecehan seksual, dan ancaman yang datang secara individual. Trauma dapat menimpa siapa saja dan kapan saja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalsis bagaiman penggambaran trauma coping dalam film 27 Step Of may. Penelitian ini menggunakan studi deskriptif kualitatif dengan pendekatan semiotika Stuart Hall dimana menganalisis data yang menjelaskan makna pada tanda melalui makna denotasi, konotasi dan mitos. Hasil dari penelitian ini merepresentasikan bagaimana proses penyembuhan atau coping yang dilakukan May untuk bisa lepas dari trauma kelam yang dialaminya selama delapan tahun. Trauma tersebut timbul karena May mengalami pelecehan seksual hingga akhirnya menemukan titik terang dan bertemu dengan pesulap.

Kata kunci: representasi dalam film, analisa semiotika, trauma coping


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adinda, R. (2011). ANALISIS TRAUMA DAN DENDAM.

Ahmad Toni dan Rafki Fachrizal. (2017). Studi Semitoka Pierce pada Film Dokumenter ‘The Look of Silence: Senyap.’

aljufri, H. (2018). REPRESENTASI STEREOTIP ARAB DALAM FILM (Analisis Semiotika Representasi Stereotip Keturunan Arab Indonesia Dalam Film Abdullah v Takeshi). Eprints.Ums, 23.

Almanshur Fauzan, G. D. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif.

Ambarini, N. maharani. (2018). No Title. IKIP PGRI SEMARANG PRESS.

Arie Welianto. (2020). Kasus Kekerasan yang Dipicu Masalah Keberagaman di Indonesia.

Arischa, S. (2019). ANALISIS BEBAN KERJA BIDANG PENGELOLAAN SAMPAH DINAS LINGKUNGAN HIDUP DAN KEBERSIHAN KOTA PEKANBARU. Jom.Unri, vol.6, 1–15.

Diah, S. N. (2020). Representasi Karakter Autis Dalam Film Dancing in The Rain. In Jurnal Media dan Komunikasi Indonesia (Vol. 1, Issue 2).

Dr. Kusmawati Hatta, M. P. (2016). Trauma dan Pemulihannya.

Febriana Anindita. (2016). Screening: Miss Bulalacao dan The Hunting Ground.

Hasanah, U., & Nulhakim, L. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FILM ANIMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KONSEP FOTOSINTESIS. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 1(1), 91. https://doi.org/10.30870/jppi.v1i1.283

Kajian, S., & Kasus, B. (n.d.). TRAUMA DAN PEMULIHANNYA.

Kompas.com. (2017). Waspadai Gangguan Kecemasan Jika Mengalami 7 Tanda Ini.

Lolita, L. (2019). 7 Film Indonesia komedi romantis terbaik, menarik.

Mardatila, A. (2020). Apa itu Trauma? Ketahui Penyebab dan Penanganan yang Tepat.

Mudjiyanto, B. (2013). semiotika dalam metode penelitian komunikasi. Jurnal Penelitian Komunikasi, Informatika Dan Media Massa-PEKOMMAS, VOL 16 NO, 73–82.

Mudjiyanto, B. E. N. (2013). e-Journal Penelitian Dan Pengembangan Komunikasi Dan Informatika. Jurnal.Kominfo.

Nugroho, W. B. (2020). Sekilas “REPRESENTASI” menurut Stuart Hall.

prilia shetly. (2018). Berdasarkan Kisah Nyata, Ini 5 Alasan Kamu Harus Nonton Film Silenced!

Reka, A. M. (2020). Sinopsis “Han Gong-Ju (2013)” - Melarikan Diri dari Masa Lalu yang Kejam.

Review Drakor. (2020). Dari Kisah Nyata, 3 Film Korea Ini Bercerita soal Pemerkosaan Anak di Bawah Umur.

samuel. (2016). Metode Pengumpulan Data Dalam Penelitian.

Santoso, S. D. B. (2019). Analisis Semiotika tentang representasi kekerasan pada film Jigsaw.

Tulasi, D. (n.d.). Semiotika Atribut Sebagai Pesan Komunikasi: Studi Kasus Atribut Ibu Anggota DPR RI. Dtulasi@binus.Edu, 1–9.

Wibowo, E. A. (2015). REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM FILM WANITA TETAP WANITA (Analisis Semiotika Representasi Perempuan dalam Film Wanita Tetap Wanita).




DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.tuturlogi.2021.002.02.5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.