PENGARUH EFEKTIVITAS IKLAN YOUTUBE TERHADAP BRAND IMAGE

Monique Helena, El Chris Natalia

Abstract


ABSTRACT

Advertising is used by companies as a way to market products and services. YouTube is currently the most popular social media in Indonesia and has become a platform of marketing the company's products and services. Head & Shoulders, which is under the auspices of the Procter & Gamble company uses YouTube in marketing and promoting its products. This research focuses on Joe Taslim's “Head & Shoulders” Bloopers YouTube ad. This study aims to determine the influence of the effectiveness of Joe Taslim's "Head & Shoulders" YouTube Bloopers ad on the formation of the company's brand image. The variable in this study is the effectiveness of advertising with dimensions, namely awareness, knowledge, likes, and choices. The brand image variable uses the dimensions of brand identity, brand personality, brand association, brand behavior and attitudes, as well as brand competence and benefits. This research uses an explanative quantitative method. The data was collected through survey methods and online questionnaires to 100 respondents. The result of the analysis indicates that there is a positive influence between Joe Taslim's “Head & Shoulders” YouTube Bloopers ad on the formation of the company's brand image.

 

Keywords: marketing communication, effectiveness of ads, brand image

 

 

ABSTRAK

Iklan digunakan perusahaan sebagai suatu cara untuk memasarkan produk dan jasa. YouTube saat ini merupakan media sosial paling populer di Indonesia dan telah menjadi sarana untuk memasarkan produk dan jasa dari perusahaan. Head & Shoulders, yang berada di bawah naungan perusahaan Procter & Gamble menggunakan YouTube dalam memasarkan dan mempromosikan produknya. Penelitian ini berfokus pada iklan YouTube Bloopers Joe Taslim “Head & Shoulders”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efektivitas iklan YouTube Bloopers Joe Taslim “Head & Shoulders” terhadap pembentukan brand image perusahaan. Variabel pada penelitian ini adalah efektivitas iklan dengan dimensi, yaitu kesadaran, pengetahuan, menyukai, dan pilihan. Pada variabel brand image menggunakan dimensi identitas merek, kepribadian merek, asosiasi merek, perilaku dan sikap merek, serta kompetensi dan manfaat merek. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksplanatif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode survei dan penyebaran kuesioner secara daring kepada 100 responden. Hasil analisis menunjukkan terdapat pengaruh positif antara iklan YouTube Bloopers Joe Taslim “Head & Shoulders” terhadap pembentukan brand image perusahaan.

 

Kata Kunci: komunikasi pemasaran, efektivitas iklan; citra merek


Full Text:

PDF

References


Adrian, S. W., & Nurhayati, I. K. (2018). Pengaruh Terpaan Iklan Youtube Ramayana Ramadan 2017 Versi Bahagianya Adalah Bahagiaku Terhadap Citra Merek. 5(1), 1474–1480.

Amanda, C., Prijana, P., & Yanto, A. (2017). Hubungan Perilaku Pencarian Informasi Perempuan dengan Kebutuhan Fashion. Baca: Jurnal Dokumentasi dan Informasi, 38(2), 99. https://doi.org/10.14203/j.baca.v38i2.319

Bandur, A. (2013). Penelitian Kuantitatif Desain dan Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Hairani, N. (2016). Pengaruh Iklan terhadap Brand Image di Media Sosial Instagram Grab Indonesia. Karya Ilmiah Universitas Airlangga.

imdb.com. (n.d.). Retrieved April 25, 2019, from https://m.imdb.com/name/nm3029144/filmotype/actor

Indrawati, K. A. P., Sudiarta, N. I., & Suardana, W. I. (2017). Efektivitas Iklan Melalui Media Sosial Facebook dan Instagram sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran di Krisna Oleh-Oleh Khas Bali. Analisis Pariwisata, 17(2), 78–83. https://ojs.unud.ac.id/index.php/jap/article/view/36484

Jayani, D. H. (2020). 10 Media Sosial yang Paling Sering Digunakan di Indonesia | Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/02/26/10-media-sosial-yang-paling-sering-digunakan-di-indonesia

Karlita, N. (2019). Head & Shoulders Kenalkan Joe Taslim. https://www.industry.co.id/read/54444/head-shoulders-kenalkan-joe-taslim-sebagai-brand-ambasador

Labas, Y. N., & Yasmine, D. I. (2017). Komodifikasi di Era Masyarakat Jejaring: Studi Kasus YouTube Indonesia. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 4(2), 104. https://doi.org/10.22146/jps.v4i2.28584

Mamahit, P., Soegoto, A. S., & Tumbuan, W. A. (2015). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota All New Yaris pada PT. Hasjrat Abadi Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(05), 777–787.

Mulawarman, M., & Nurfitri, A. D. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. Buletin Psikologi, 25(1), 36–44. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.22759

Mulyadi, M. (2013). Riset Desain dalam Metodologi Penelitian. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 16(1), 71. https://doi.org/10.31445/jskm.2012.160106

Nanuru, R. F. (2017). YOUTUBE: Seni Berwawasan Teknologi Modern. Uniera. https://doi.org/10.31219/osf.io/3vshc

Nurhayati, E. (2012). Pengaruh Kreativitas Iklan dan Kredibilitas Endorser terhadap Efektifitas Iklan (Studi Kasus pada Iklan Olay Natural White di Kota Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, XI(2), 170–192. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jspi/article/view/16169/12879

Pramanda, A. K., & Nurfebiaraning, S. (2018). Pengaruh Iklan Web Series “ Sore : Istri Dari Masa Depan” terhadap Brand Image Tropicana Slim. 5(1), 1409–1416.

Prasetyo, B. &, & Jannah, L. M. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rahayu, E. M. (2011). Head & Shoulders Di-Relaunch dengan Brand Ambassador Terbaru. https://swa.co.id/swa/listed-articles/head-shoulders-di-relaunch-dengan-brand-ambassador-terbaru-2

Rehman, F. ur, Javed, F., Nawaz, T., Ahmed, I., & Hyder, S. (2014). Some Insights in the Historical Prospective of Hierarchy of Effects Model: A Short Review. Information Management and Business Review, 6(6), 301–308. https://doi.org/10.22610/imbr.v6i6.1128

Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS (4th ed.). Jakarta: KENCANA.

Sudaryana, B. (2017). Metode Penelitian. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Unaradjan, D. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Universitas Atma Jaya.

We Are Social. (2020). Digital 2020: Indonesia. Global Digital Insights. https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia

Widodo. (2018). Metodologi Penelitian Populer & Praktis (2nd ed.). Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Wijaya, B. S. (2013). Dimensions of Brand Image: A Conceptual Review from the Perspective of Brand Communication. European Journal of Business and Management, 5(31), 55–65. https://doi.org/10.13140/ejbm.2013.55.65

www.headandshoulders.com. (n.d.). Retrieved July 5, 2020, from https://www.headandshoulders.com/en-us/about/our-history

Zhang, Y. (2015). The Impact of Brand Image on Consumer Behavior: A Literature Review. Open Journal of Business and Management, 03(01), 58–62. https://doi.org/10.4236/ojbm.2015.31006




DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.tuturlogi.2021.002.02.3

Refbacks

  • There are currently no refbacks.